Timnas Indonesia Sudah Berlaga Lawan Timnas Malaysia di Piala Asia 2023?

Berita217 Dilihat

Pemberitaan salah tentang Indonesia vs Malaysia, karena pertandingan belum berlangsung.

Terjadi pemberitaan disinfomasi tentang Timnas Indonesia yang sudah berlaga melawan Timnas Malaysia serta membuat tim negara sebelah mengalami kekalahan.

Kabar ini dibagikan lewat channel YouTube oleh akun bernama KAPAL SEGAR dalam bentuk video berjudul “Disiarkan Malam Hari! Timnas Indonesia Buat Harimau Malaya Pincang – PIALA ASIA 2023-Berita Terbaru”.

Foto thumbnail adalah pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berhadapan dengan coach Malaysia, Kim Pan-go dan tulisan “Siaran Langsung TIMNAS DAY 13 AGUSTUS 20.00 WIB”.

Benarkah pemberitaan yang diunggah dalam video ini?

CEK FAKTA

Berita ini tidak benar, atau tidak tervalidasi. Baik jadwal Piala Asia 2023 dan Piala AFF U-23 2023 bukan berlangsung di jam dan tanggal seperti yang tertera di tulisan thumbnail video ini.

PENJELASAN

Metro Suara.com mengadakan penelusuran dari judul, yaitu “Disiarkan Malam Hari! Timnas Indonesia Buat Harimau Malaya Pincang – PIALA ASIA 2023-Berita Terbaru”.
Fakta: kalimat di thumbnail foto adalah “Siaran Langsung TIMNAS DAY 13 AGUSTUS 20.00 WIB”. Dikutip dari berbagai sumber termasuk kanal Bola Suara.com, untuk Piala AFF U-23 2023 akan digelar di Thailand pada 17-26 Agustus, sedangkan Piala Asia 2023 digelar di Qatar pada pada 12 Januari-10 Februari 2024.  Untuk Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia bakal digelar 18 Agustus 2023 dalam kejuaraan AFF U-23 2023..
Logika: tidak ada jadwal di 13 Agustus 2023, maka video ini tidak valid, pasti menggunakan footage dari pertandingan lama antara Timnas Indonesia lawan Timnas Malaysia.

Dengan kesalahan menuliskan jadwal pertandingan saja, video berjudul “Disiarkan Malam Hari! Timnas Indonesia Buat Harimau Malaya Pincang – PIALA ASIA 2023-Berita Terbaru” sudah bisa disebutkan tidak kredibel. Video ini memiliki konten menyesatkan atau misleading content.

Timnas Indonesia (sumber: (Instagram/@shintaeyong7777))

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Baca Juga:Inge Anugrah Kini Tinggal di Apartemen Mewah, Anak Ari Wibowo Langsung Minta Menginap Tiap Weekend

Baca Juga  Pengenaan Pajak, Bikin Transaksi Perdagangan Kripto Turun - Fintechnesia.com

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *