Keren! Aspal Beton Bisa untuk Mengecas Mobil Listrik

Berita205 Dilihat

Minggu, 6 Agustus 2023 – 19:40 WIB

Massachusetts – Sebuah terobosan inovatif dari para peneliti di Institut Teknologi Massachusetts (MIT) telah berhasil mengubah aspal beton menjadi baterai superkonduktor yang kuat dan tahan lama.

Baca Juga :

Cara Ganjar Pranowo Bantu Nelayan Cilacap Agar Hemat Pengeluaran

Baterai ini memiliki potensi untuk menjadi pondasi rumah masa depan atau bahkan dapat digunakan sebagai jalan yang mengisi daya mobil listrik saat melintas.

Masalah penyimpanan energi menjadi perhatian meningkat ketika dunia beralih ke sumber energi terbarukan seperti surya dan angin. Sumber energi ini hanya menghasilkan listrik pada waktu tertentu dalam sehari, sehingga diperlukan penyimpanan energi untuk memasok rumah-rumah pada malam hari.

Baca Juga :

Sarat Fitur Keren, Mobil Listrik Ini Bisa Dipesan di GIIAS 2023

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops, Minggu 6 Agustus 2023, para peneliti di Wyss Institute for Biological Inspired Engineering di MIT menyadari potensi beton sebagai baterai.

Namun, beton memiliki konduktivitas yang buruk karena kandungan semen di dalamnya. Sebelumnya, upaya untuk mengubah beton menjadi baterai melibatkan bahan konduktif mahal seperti grafena dan nanotube karbon.

Baca Juga :

Mobil Listrik Pertama Mazda Mejeng di GIIAS 2023

Meski demikian, tim peneliti MIT menemukan solusi yang lebih murah dan efisien. Mereka menggabungkan beton dengan bahan-bahan yang melimpah di seluruh dunia, seperti karbon hitam, semen, dan air.

Halaman Selanjutnya

Karbon hitam yang telah digunakan sebagai pigmen hitam selama ribuan tahun terbukti sangat efektif dalam membentuk superkapasitor.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 23 Juli 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *