Grup MIND ID Mencatatkan Kinerja Positif di Tahun Buku 2023 – Fintechnesia.com

Berita3 Dilihat

FinTechnesia.com | BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia atau Mining Industry Indonesia (MIND ID) berhasil menorehkan capaian positif untuk tahun buku 2023.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan, keberhasilan anggota holding merupakan langkah untuk mendorong pertumbuhan sektor pertambangan Indonesia. Melalui kinerja tersebut perusahaan menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam industri yang proaktif mengembangan sektor pertambangan nasional.

“Kami bersyukur telah mampu menorehkan banyak capaian positif di 2023. MIND ID akan terus memberikan nilai tambah dalam mengembangkan industri pertambangan Indonesia,” katanya, Sabtu (27/4).

Beberapa capaian tersebut di antaranya meliputi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), PT Freeport Indonesia (PTFI), dan PT Timah Tbk yang berkomitmen membukukan kinerja positif dan berkelanjutan dalam menghadapi dinamika pasar global.

Baca juga : MIND ID Mengungkap Sejumlah Proyeksi di 2024, Termasuk Potensi dan Strategi Pencapaiannya

Antam misalnya, berhasil mencatat laba tahun berjalan sebesar Rp 3,08 triliun. Capaian ini tidak hanya tercermin dari pendapatan yang meningkat, tetapi juga dari upaya strategis dalam mencapai efisiensi dan mengoptimalkan kinerja produksi.

Dengan fokus pada komoditas utama seperti nikel, emas, dan bauksit, Antam terus memperkuat posisinya di pasar dalam negeri maupun global.

Antam turut memperkuat struktur keuangan dengan mencatatkan posisi saldo kas dan setara kas pada akhir periode 2023 senilai Rp 9,21 triliun. Meningkat signifikan 106% dibanding tabun 2022 sebesar Rp 4,48 triliun.

Sementara itu, anggota Grup MIND ID lainnya, PTBA mencatat produksi batu bara mencapai 41,9 juta ton pada tahun 2023. Capaian ini, melampaui target.

Sedangkan, PTFI menunjukkan komitmen kuat dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya. Perusahaan berhasil menyetorkan sekitar Rp 3,35 triliun bagi daerah penghasil.

Baca Juga  Gelar Rapat Koordinasi, Satgas Cipta Kerja Bahas Optimalisasi Kemitraan UMKM

Dengan laba bersih sebesar Rp 48,79 triliun, perseroan terus berkomitmen memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional tambang lewat berbagai program investasi sosial.

Dengan berbagai capaian ini, Heri mengatakan Grup MIND ID akan terus mendorong pertumbuhan yang agresif dan berkelanjutan. Holding juga terus mengembangkan inovasi, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperluas kemitraan strategisnya.

Peran MIND ID tidak hanya sebagai memimpin pasar, juga mendorong transformasi positif di sektor pertambangan. MIND ID membuktikan pertumbuhan ekonomi yang sehat dan inklusif adalah tujuan yang dapat dicapai dengan konsistensi dalam mengimplementasikan praktik terbaik, juga fokus pada keberlanjutan.

Lewat pencapaian para anggota holding, MIND ID menegaskan visinya untuk menjadi kekuatan utama dalam mendorong pertumbuhan dan kemakmuran Indonesia.

“Dengan langkah-langkah strategis dan komitmen yang berkelanjutan, MIND ID siap membawa industri pertambangan Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi,” pungkasnya. (kai)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *