Bima Sakti Telah Meremehkan Frank Wormuth Sehingga Dilaporkan kepada Ketua Umum PSSI?

Berita200 Dilihat

Informasi salah soal pelatih U-17 yang tengah menyiapkan anak didiknya ke Jerman didampingi Frank Wormuth.

Coach Timnas U-17, Bima Sakti disebutkan telah meremehkan Frank Wormuth, pelatih asal Jerman yang kemudian lapor kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Informasi ini adalah konten menyesatkan atau misleading content.

Berita Coach Bima Sakti meremehkan Frank Wormuth yang bersangkutan lapor kepada Erick Thohir itu diinformasikan lewat kanal YouTube atas nama akun CALON GARUDA TEAM dalam bentuk video berjudul “BIMA SAKTI MEREMEHKAN FRANK WORMUTH ~ FRANK LAPORKAN INI KE PSSI~ ERICK TOHIR LANSGUNG NGOMONG GINI”.

Foto thumbnail adalah wajah Bima Sakti, Frank Wormuth, Presiden FIFA Gianni Infantino, serta Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Khusus di bagian Gianni Infantino yang memberikan gesture dua jari dibubuhkan tulisan “2 KALI KALAH MEMALUKAN”.

Tulisan di foto thumbnail “TAK UNTUNG TIMNAS U17 DI TANGANI BIMA SAKTI FRANK WORMUTH LAPORKAN HAL INI KE ERICK THOHIR BIMA SAKTI TERANG TERANGAN REMEHKAN FRANK WORMUTH ERICK TOHIR LANGSUNG NGOMONG GINI BIKIN GEMPAR”.

Benarkah Bima Sakti meremehkan Frank Wormuth yang melaporkan hal ini kepada Ketua PSSI Erick Thohir?

Dengan teks tendensius sekaligus serba salah huruf seperti ini, bisa dipastikan tujuan pembuat video tidak memberikan informasi secara benar (sumber: [screenhot YouTube].)

PENJELASAN

Metro Suara.com mengadakan penelusuran judul, foto dan konten video, hasilnya:

* Foto Gianni Infantino
Fakta: gesture dua jari bukan menyatakan Timnas U-17 di bawah bimbingan Bima Sakti kalah dua kali memalukan. Inilah gesture yang menyatakan “V” atau victory, biasa digunakan saat berpose atau berfoto.

Baca Juga:Apa Keutamaan Membaca Ayat Kursi 100x? Ini Kata Ustadz Abdul Somad

* Judul video diisi kalimat bombastis seperti “meremehkan Frank Wormuth”, dan kalimat thumbnail “Frank Wormuth laporkan hal ini” mengesankan sosok-sosok ini tidak profesional.
Fakta: Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah menyatakan dalam konferensi di Gelora Bung Karno, salah satunya bisa disimak dari media kredibel Suara.com yang menyatakan bahwa tugas Bima Sakti dan Frank Wormuth tidak overlapping atau tumpang tindih.
Logika: berdasar pernyataan Ketua Umum PSSI itu, kata meremehkan dan melaporkan adalah ide atau gagasan pembuat video sendiri, bukan hal valid.

Baca Juga  Kronologi Kecelakaan Lady Nayoan dan Rendy Kjaernett, Mobil Terbalik hingga Alami Luka Parah

* Konten video hanya berisi potongan-potongan gambar dan foto, dicomot dari sumber kantor berita Antara dan beberapa media kredibel. Agar membuat penonton terkecoh, di menit 0:08 dipasang foto Frank Wormuth tengah menunjukkan suatu hal kepada Erick Thohir menggunakan laptop, didampingi Zainudin Amali dan Coach Indra Sjafri. Dengan ala kadar diberi teks oleh pembuat video yang hampir seluruhnya salah huruf dan salah ejaan, yaitu berbunyi: BIMA SAKTI TERCENGAN FRANK WORMUTC DATANG KE ERICK TOHIR TANPA BIMA SAKTI.
Logika: tidak ada media kredibel memberikan arahan berupa teks tendensius seperti ini. Apalagi dengan huruf acak-acakan pula.

* Narasi video, narator hanya mengandalkan artikel dari media kredibel dan cukup dibaca ulang, tanpa setia kepada judulnya sendiri.

Dengan penelusuran ini, video berjudul “BIMA SAKTI MEREMEHKAN FRANK WORMUTH ~ FRANK LAPORKAN INI KE PSSI~ ERICK TOHIR LANSGUNG NGOMONG GINI” memiliki konten menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Baca Juga:Senyum Jokowi Saat Lihat Industri Properti RI Tahan Banting

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *