Benarkah Kalau Terpilih Anies Baswedan Akan Batalkan Pendirian IKN dan Bongkar Korupsi Era Presiden Sebelumnya?

Berita207 Dilihat

Informasi rencana Anies Baswedan bila nanti menduduki jabatan presiden dikabarkan seperti ini.

Anies Baswedan menyatakan jika menjadi Presiden akan membongkar korupsi era kepala negara sebelumnya, yaitu Presiden Joko Widodo dan membatalkan pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara atau ibu kota baru.

Kabar ini disampaikan sebuah akun di kanal YouTube bernama Gajah Mada TV, diberi judul “JOKOWI PANIK! ANIES BASWEDAN JD PRESIDEN AKAN BONGKAR KORUPSI ERA JOKOWI & BATALKAN IBUKOTA BARU?”.

Foto thumbnail adalah deretan wajah tokoh presidential dan kandidat, seperti SBY, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, serta Presiden Joko Widodo, serta sosok pejabat pengadilan.

Kalimat thumbnail, “JKW PANIK! TERNYATA JK ANIES JADI PRESIDEN SEMUA RAHASIA KORUPSI, IJAZAH PALSU JOKOWI AKN DIBONGKAR?”

Benarkah kabar yang disebarkan video ini?

CEK FAKTA

Berita atau informasi yang disampaikan tentang Anies Baswedan akan membongkar korupsi serta tidak meneruskan pembangunan IKN adalah salah atau tidak benar.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id mengadakan pemeriksaan dan hasilnya:

* Video menampilkan Anies Baswedan sedang berpidato.
Faktanya: pernyataan atau pidato Anies Baswedan dalam video ini tidak ada yang menyinggung tentang korupsi dan pembangunan IKN.

Tidak ada pernyataan Anies Baswedan yang mengatakan bahwa jika kelak terpilih menjadi presiden akan membongkar korupsi era Presiden Joko Widodo dan membatalkan pembangunan ibu kota baru IKN.

Video yang berdurasi 8 menit ini menampilkan cuplikan pidato Anied Baswedan saat debat calon presiden partai demokrat di Makassar pada 2014. Saat itu ia menyampaikan pendapatnya tentang hukum di Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com, Anies Baswedan berjanji akan melanjutkan program era kepimpinan Presiden Joko Widodo apabila menang di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“IKN ini bukan di level gagasan saja. IKN ini sudah menjadi undang-undang dan kita semua ketika dilantik untuk tugas apa pun, itu sumpahnya melaksanakan undang-undang,” demikian jelas Anies Baswedan.

Baca Juga  Chery Omoda 5 Baru Mejeng di GIIAS 2023, Enggak Butuh Bensin

KESIMPULAN

Video berjudul “JOKOWI PANIK! ANIES BASWEDAN JD PRESIDEN AKAN BONGKAR KORUPSI ERA JOKOWI & BATALKAN IBUKOTA BARU?” memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *