Bantu Kurangi Emisi Karbon, Mobil Hybrid Dinilai Layak Dapat Insentif

Berita166 Dilihat

Selasa, 8 Agustus 2023 – 20:00 WIB

Jakarta – Dalam mendukung elektrifikasi di Indonesia, pemerintah memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat yang ingin beralih dari konvensional menuju kendaraan listrik, seperti kebebasan aturan ganjil-genap, dan pemberlakuan insentif pajak kendaraan listrik. 

Baca Juga :

Hyundai Ioniq 6 Resmi Mengaspal di Indonesia, Ini Harganya

Keuntungan-keuntungan tersebut bertujuan untuk menarik animo masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik atau Hybrid Electric Vehicle (HEV). Namun sayangnya, untuk mobil Hybrid belum mendapatkan insentif yang cukup untuk membantu mendongkrak permintaan dari konsumen.

Mobil Hybrid mampu mengurangi emisi karbon hingga 49%, berdasarkan perhitungan emisi dari tangki bensin ke knalpot. Artinya, pengurangan emisi dua mobil hybrid setara dengan satu mobil listrik berbasis baterai.

Baca Juga :

RI-Korea Selatan Dukung Investasi Kawasan Industri Ramah Lingkungan

Taufik Bawazier selaku Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga mengakui bahwa mobil Hybrid dapat mengurangi emisi secara signifikan.

Diskusi Otomotif, Ujung Tombak Karbonisasi Indonesia

Baca Juga :

DPRD DKI Usul Insentif untuk Polantas hingga Satpol PP Ditambah karena Polusi Udara

“Bahkan, saat ini, ada model HEV dengan emisi mencapai 75 gram/kilometer,” ujar Taufiek saat ditemui di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Dikutip VIVA Otomotif pada Selasa, 8 Agustus 2023. 

Menurutnya, Kementerian Perindustrian akan menjajaki pemberikan penghargaan kepada mobil Hybrid. Namun, basisnya bukan pajak, melainkan emisi karbon yang dikeluarkan. 

Halaman Selanjutnya

“Ini akan menjadi tambahan insentif mobil hybrid selain PPnBM 6% sesuai PP 74 Tahun 2021. Aturan ini akan dirilis secepatnya,” jelas Taufiek. 

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Tertarik Koleksi Pokémon Legendaris di Pokémon GO? Ikuti Enam Trik Ini! - Fintechnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *