Apa Benar Tommy Soeharto Pimpin Kampanye Pemenangan Anies Baswedan di Senayan?

Berita264 Dilihat

Dikabarkan putra bungsu Presiden Soeharto kini terjun untuk memenangkan Anies Baswedan.

Nama Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto dahulu kondang sebagai pebisnis Indonesia juga pembalap nasional, khususnya roda empat.

Tersiar kabar di kanal YouTube, seorang pengguna dengan nama akun POLITIK INDONESIA telah mengunggah video dengan judul “merinding!! tomy soeharto turun gunung, pimpin kampanye anies dan dihadiri jutaan relawan di gbk”.

Foto thumbnail adalah semacam pertemuan besar-besaran para pendukung di stadion olah raga, dengan monitor menampilkan sosok seseorang mengenakan baju kuning. Tulisan di thumbnail “jadi sejarah Indonesia TOMMY SOEHARTO KAMPANYE ANIES SEDANGKAN ANIES DI MEKKAH, TRAH SOEHARTO TERUS BERGERAK MENANGKAN ANIES”.  

Dalam narasinya disebutkan Tommy Soeharto memimpin kampanye Anies Baswedan di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Benarkah klaim tentang Tommy Soeharto ini?

CEK FAKTA

Turnbackhoax.id mengadakan penelusuran dan hasilnya tidak benar.

Fakta: judul, isi, dan thumbnail tidak berkaitan. Dalam video sama sekali tidak ditemukan pemberitaan tentang Tommy Soeharto memimpin kampanye Anies Baswedan di Gelora Bung Karno.

Tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari mediaindonesia.com dengan judul artikel “Relawan PKS Tetap Solid Dukung Anies Baswedan”.

Gambar thumbnail identik dengan artikel milik merdeka.com berjudul “GBK Dipadati Massa Berbaju Putih”, gambar yang asli adalah foto kampanye Joko Widodo dengan Ma’ruf Amin di Gelora Bung Karno pada 2019.

Saat itu calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) berpidato saat Konser Putih Bersatu di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Konser itu adalah kampanye akbar untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Baca Juga  Tawarkan Fitur Kesehatan Fisik dan Mental, HUAWEI WATCH FIT SE Hadir di Indonesia, Harga Flash Sale Rp 899.000 - Fintechnesia.com

KESIMPULAN

Video berjudul “merinding!! tomy soeharto turun gunung, pimpin kampanye anies dan dihadiri jutaan relawan di gbk” masuk kategori konten yang dimanipulasi atau manipulated content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *